Friday 24 May 2013

Puluhan Warga Tewas. Pasukan Assad Gempur Qusayr Habis-habisan



 
Pejuang oposisi melakukan patroli jalanan di kota Qusair, dekat kota Homs,

 
Senin, 20 Mei 2013 
Hidayatullah.com Sahabatsuriah.com--Pasukan rezim Bashar dengan dukungan milisia Hizb*** terus menggempur kota Qusayr di Homs yang berbatasan dengan Lebanon  tanpa henti sejak jam 1 Ahad dini hari tadi (pukul 5 WIB).
Para relawan melaporkan, sampai pukul 13 siang hari waktu setempat tadi sudah sekitar 1000 bom yang dijatuhkan ke kota berpenduduk 4000 jiwa itu. Pada saat berita ini diturunkan, sudah 46 warga Qusayr menemui syahid (Insya’Allah) sementara lebih dari 450 orang warga luka-luka.

Para relawan melaporkan bahwa pesawat-pesawat tempur menjatuhkan bom sepanjang pagi dengan frekuensi 50 bom per menit. Sementara pertempuran darat antara para pejuang Jaysul Hurr dengan ribuan pasukan rezim Bashar al-Assad dan Hizb*** terjadi di setidaknya 9 titik di dalam dan sekitar kota Qusayr yang berjarak 10 km dari perbatasan Suriah dengan Lembah Bakaa di Libanon.

Reuters mengutip aktivis setempat Hadi Abdullah – yang juga dikutip oleh berbagai sumber media lain yang dipantau Sahabatsuriah.com – yang mengatakan, “Pasukan (Bashar) menyerang Qusayr dengan tank-tank dan artileri dari utara dan timur (kota) sementara Hizbu*** menembakkan mortir dan roket dari arah selatan dan barat.”

“Kebanyakan yang tewas adalah warga sipil.”

Televisi pemerintahan Bashar memberitakan bahwa pasukan rezim “sedang memimpin operasi membasmi teroris di Qusayr.” Rezim yang sudah membunuhi 100 ribu warga ini memang selalu menyebut para pejuang yang ingin membebaskan Suriah ini sebagai ‘teroris.’

Pihak tentara pembebasan Suriah (Free Syrian Army/Jaysul Hurr) sudah menyerukan kepada para pejuang di Damaskus dan kawasan lainnya di Suriah untuk meningkatkan efektivitas perjuangan mereka di tempat mereka kini berada, agar kemudian bisa beralih ke Qusayr dan menolong para pejuang di kawasan yang memang merupakan titik strategis antara Damaskus dengan kawasan Alawiyah di pantai Suriah.

Relawan-relawan setempat melaporkan bahwa para pejuang sedang mengevakuasi warga sipil keluar dari Qusayr sebelum memulai peperangan all-out sebagaimana mereka lakukan awal tahun ini di Daraya.

Bashar al-Assad dalam wawancara dengan media Argentina yang dipublikasikan hari ini menolak anggapan bahwa pasukannya dibantu oleh Hizb*** namun berbagai berita lainnya menunjukkan bahwa bantahannya ini merupakan kebohongan. Salah satu bukti kebohongannya adalah video berikut ini yang memperlihatkan bendera Hizb*** dikibarkan  bersama bendera rezim di salah satu markas di Qabun, Damaskus.

Pimpinan milisia Hizb*** Hassan Nasr*** juga diberitakan kemarin mengumpulkan pasukannya dan menyerukan mereka berangkat ke Suriah. Berbagai video dan foto yang disiarkan para relawan media di Suriah menunjukkan berbagai pertempuran yang jelas melibatkan Hizb***.

Red: Cholis Akbar

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...